Beranda » Destinasi Honeymoon » Cari Tau Disini 7 Tempat Bulan Madu Di Yogyakarta Yang Romantis

Yogyakarta memang biasa disebut dengan Kota Pelajar, tapi bukan berarti kita tidak bisa bulan madu romantis di kota ini. Walaupun tidak sebesar dengan kota lainya, tapi wilayah di sekeliling Yogya memiliki banyak destinasi menarik yang cukup mudah untuk kamu kunjungi.

Kebutuhan akan hotel serta transportasinya pun tidak kalah dengan kota kota di indonesia Kamu bisa mencari hotel di tengah kota yogyakart, menyewa kendaraan pribadi atau menggunakan jasa travel untuk menikmati kota gudeg ini.

Berikut tempat bulan madu di yogyakarta yang wajib kamu datangi agar bulan madu kamu tetap luar biasa berkesan dan tidak kalah dengan tempat honeymoon lainnya.

1. KALI BIRU KULON PROGO

Kalibiru sebenarnya adalah sebuah nama hutan yang saat ini diolah menjadi sebuah tempat wisata alam. Hutan Kalibiru memiliki ketinggian 450 mdpl dan berupa kawasan perbukitan yang subur. Suhu udara di tempat ini sangat sejuk.

Kalibiru dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat sebagai wisata alam dan edukasi. Ada banyak hal yang bisa didapatkan di sana, termasuk outbond, penginapan, dan beberapa spot untuk mencari foto kekinian. Ada juga jalur trekking yang juga bisa dijadikan lokasi camping

2. PANTAI KARANGTRITIS

Pantai Parangtritis cocok dikunjungi sendiri, bersama pasangan terkasih, maupun keluarga. Deburan ombak yang menyapu hamparan pasir hitam landai disertai hembusan angin khas pantai akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati pemandangan ini. Selain itu, pemandangan matahari terbenamnya juga tidak kalah indah dengan Pantai Kuta di Bali.

Pantai Parangtritis disebut sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti di Yogyakarta bersama Gunung Merapi dan Keraton Kesultanan Jogja. Pantai Parangtritis mempunyai elemen air, Gunung Merapi mempunyai elemen api, dan keraton kesultanan berperan sebagai penyeimbang keduanya. Jika ditarik garis lurus, ketiganya berjajar di satu garis yang sama dari utara ke selatan.

3. CANDI BOROBUDUR

Candi Borobodur merupakan monumen Budha terbesar di dunia. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa.

Candi Borobudur memiliki luas 123×123 m² dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Bentuk candi ini beraksitektur Gupta yang mencerminkan pengaruh India. Setelah berkunjung ke sini Anda akan memahami mengapa Borobudur memiliki daya tarik bagi pengunjung dan merupakan ikon warisan budaya Indonesia.

4. GUNUNG MERAPI

Keindahan pesona Gunung Merapi tak terbantahkan lagi yang beradu dengan misteri dan tragedi yang melingkupi gunung. Sehingga banyak menjadi pilihan bagi penyuka olahraga outdoor menjadikan Merapi sebagai alternatif tujuan wisata gunung.

Jika cuaca tidak berkabut dapat kita lihat dengan jelas gunung tersebut menjulang tinggi dan gagah dari empat kota yang mengitarinya, Sleman, Magelang, Klaten dan Boyolali. Udara yang segar menyejukkan dan keramahan penduduk yang menghangatkan merupakan bagian dari keindahan gunung Merapi ini.

5. MALIOBORO

Destinasi Honeymoon

Jalan Malioboro Yogyakarta merupakan pusat oleh-oleh kas Jogja yang sukses menarik minat para wisatawan asing maupun domestik. Menawarkan aneka cinderamata berupa; kaos, batik, blangkon khas Jogja, kerajinan tangan hingga jajanan khas berupa bakpia patok dan kembang gula pun ada disini.

Bagi Dolaners yang ingin berkeliling jalan Malioboro tanpa harus berjalan kaki, bisa memilih alternatif becak yang sudah berjajar di pinggir jalan. Biaya yang di tawarkan pun terjangkau, dengan bantuan becak Dolaners akan di suguhkan pemandagan klasik malam hari khas Yogyakarta.

Namun, jika Dolaners tidak begitu menyukai becak, Dolaners bisa memilih alternatif lain, yakni delman. Kendaraan umum yang ditawarkan di Jalan Malioboro Yogyakarta masih tradisional, jadi nuansa kental kota Jogja akan sangat terasa sekali.

6. HUTAN PINUS PENGGER

Hutan Pinus Pengger ini adalah efek positif atas keberhasilan pendahulunya yaitu Hutan Pinus Asri yang juga berada dalam satu kawasan di daerah Dlingo Bantul Yogyakarta, kreativitas masyarakat sekitar mengembangkan Hutan Pinus Pengger menjadi destinasi wisata pun berbuah manis, pengelola pun menyadari harus terdapat pembeda antara hutan pinus satu dengan lainnya agar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pembeda tersebut adalah dipasangnya berbagai instalasi seni beragam bentuk yang dibuat menggunakan ranting pohon yang sudah kering, yang paling iconic adalah instalasi seni berupa tangan raksasa berlatarkan pemandangan indah panorama Kota Yogyakarta yang sekaligus menjadi spot untuk berfoto bagi wisatawan yang berkunjung di Hutan Pinus Pengger.

7. CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan dibangun oleh dua raja dari Wangsa Syailendra pada abad ke 9 Masehi yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi ini dibangun di atas tanah seluas 38,9 hektare. Untuk menunjukkan masa kejayaan agama Hindu kala itu dengan ciri utama berupa tinggi yang menjulang mencapai 47 meter. Candi ini memiliki tiga candi di halaman utama yang merupakan lambang kepercayaan Trimurti dalam agama Hindu yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa.

Selain itu, masing-masing candi utama diapit oleh candi pendamping yang menghadap ke barat. Terdapat pula 2 candi apit, 4 candi kelir serta 4 candi sudut yang membuat kawasan Prambanan semakin menakjubkan. Pada halaman kedua, paket wisata Jogja akan menunjukkan Anda 224 candi lainnya. Memasuki candi Siwa yang berada pada bagian tengah Candi Prambanan, Anda bakal menemukan ruangan yang berisi patung Durga yang dipercaya merupakan patung Roro Jonggrang.

Ya, menurut legenda rakyat yang masih ada hingga sekarang, Candi Prambanan merupakan bangunan yang diciptakan Bandung Bondowoso untuk memenuhi permintaan Roro Jonggrang. Sang putri yang tak berani menolak pinangan Bandung Bondowoso meminta dibuatkan 1000 candi dalam semalam. Karena memiliki kekuatan luar biasa, Bandung Bondowoso berhasil membuat 999 arca kala itu. Roro Jonggrang yang panik meminta para dayang keraton dan perawan desa menumbuk padi untuk mengusir makhluk halus yang membantu usaha Bandung Bondowoso.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: